Sunday, December 10, 2006

VoIP Rakyat Cikal Bakal Telkom Rakyat

Internet Telepon VoIP untuk pribadi dan non-komersial adalah legal dan tidak membutuhkan ijin dari pemerintah. Tulisan ini akan memfokuskan pada referensi pengalaman membuat VoIP Rakyat yang legal tanpa ijin pemerintah, tanpa Bank Dunia maupun IMF yang dapat menelepon dan di telepon ke / dari PSTN / selular di Indonesia secara legal tanpa tuduhan korupsi maupun di sidik.

VoIP Rakyat merupakan pengganti teknologi VoIP H.323 yang lima tahun yang lalu dioperasikan di VoIP Merdeka. VoIP Rakyat (http://www.voiprakyat.or.id) di kembangkan oleh rekan-rekan di ICT Center Jakarta, tepatnya di SMK Jayawisata, Kalimalang, Jakarta Timur yang di arsitekturi oleh rekan Anton Raharja dan banyak guru & murid SMK. VoIP Rakyat menggunakan teknologi Session Initiation Protocol (SIP) yang jauh lebih baik dari H.323. Diskusi detail teknologi VoIP Rakyat dilakukan di voipmerdeka@yahoogroups.com.

Bagi anda yang sudah menikmati Internet 24 jam di banyak RT/RW-net dengan bebasnya 2.4GHz; anda dapat bergabung dengan VoIP Rakyat dengan mudah. Teknik RT/RW-net dapat di peroleh di diskusi indowli@yahoogroups.com & asosiasi-warnet@yahoogroups.com.

VoIP Rakyat menjadi bagian integral dari jaringan VoIP bebas dunia berbasis SIP yang berpusat di SIPBroker (http://www.sipbroker.com). VoIP Rakyat di kenali di SIPBroker dengan kode area *536 yang dapat di telepon dari PSTN secara gratis di tiga belas (13) negara, di Amerika Serikat nomor dialin-nya adalah +1-716-200-1692, +1-201-984-1823, +1-616-608-0509, +1-646-291-2168, +1-360-526-0602.

Peralatan apakah yang dibutuhkan? Bagi anda yang cukup serius dengan VoIP dapat mengunakan peralatan VoIP dedicated, IP Phone, IP PBX, WiFi Phone dari banyak vendor, seperti, LevelOne, LinkSys, Cisco, Dlink, Grandstream, 3COM, Avaya dll. Daftar lengkap dapat dilihat di VoIP-Info (http://www.voip-info.org).

Bagi anda yang masih pemula dan memiliki akses ke Internet, anda hanya membutuhkan komputer dengan mic / speaker atau PDA yang ber-WiFi. Software telepon / Softphone favorit yang sering digunakan untuk komputer atau PDA adalah SJPhone atau X-lite. Softphone dapat di ambil gratis di Internet atau di situs VoIP Rakyat (http://www.voiprakyat.or.id).

Anda membutuhkan nomor telepon VoIP salah satu sentral telepon VoIP agar tergabung di jaringan VoIP Rakyat. Nomor telepon, username & password dapat di peroleh gratis dari VoIP Rakyat maupun berbagai sentral SIP di SIPBroker. Salah satu sentral favorit adalah Free World Dialup (http://fwd.pulver.com). Dengan berbekal nomor VoIP gratis, anda dapat berbicara dengan semua rekan di VoIP sepuasnya melalui saluran Internet.

Dengan menggunakan nomor VoIP Rakyat, anda dapat memperoleh nomor PSTN agar dapat di telepon dari Telkom / Selular Indonesia. Nomor Amerika serikat gratis dengan kode area +1 206, +1 253, +1 360, dan +1 425 dapat di peroleh dari IPKall (http://www.ipkall.com). Nomor Inggris gratis dengan kode area +44 870 dapat di peroleh dari Gossiptel (http://gossiptel.com). Nomor ini adalah nomor betulan yang di kenali oleh sentral telepon Telkom & selular di Indonesia sehingga telepon VoIP kita dapat dihubungi langsung dari Telkom tanpa kita penerima telepon membayar satu sen-pun. Tentunya anda perlu mengoperasikan PDA / komputer anda 24 jam ke Internet dan terdaftar terus ke salah satu sentral telepon SIP untuk sewaktu-waktu menerima telepon.

Bagi anda yang berminat mendaftarkan nomor PSTN / selular anda +62 xx agar dapat di telepon oleh rekan-rekan di VoIP menggunakan account SIP anda, dapat di daftarkan di e164.org (http://www.e164.org). E164.org juga dapat mengalokasikan nomor telepon negara Internet dengan kode negara +882.

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah bagaimana cara menelepon ke nomor Telkom & selular Indonesia? Sebetulnya banyak situs di dunia yang memberikan sambungan VoIP discount ke PSTN banyak negara. Salah satu situs favorit adalah VoIPdiscount (http://www.voipdiscount.com) yang dapat menghubungi PSTN di enam puluh satu (61) negara secara gratis melalui VoIP. Telepon ke Indonesia melalui VoIP discount hanya perlu membayar Rp.105/menit ke PSTN dan Rp. 1160/menit ke selular Indonesia.

VoIPdiscount mengijinkan kita untuk menyambungkan sentral telepon VoIP yang kita operasikan agar dapat bertelepon langsung melalui mereka. Sentral telepon VoIP SIP yang biasa dibangu menggunakan Asterisk yang dapat di ambil gratis dari http://www.asterisk.org. Asterisk mempunyai kemampuan voicemail, conference dll. Agak sukar bagi pemula untuk mengoperasikan asterisk, bagi mereka yang berminat perlu membaca manual di situs Asterisk Guru http://www.asteriskguru.com.

Pada tingkat yang lebih tinggi, rekan-rekan VoIP Rakyat telah mengembangkan server ENUM untuk memetakan nomor Telkom Indonesia ke Internet. Pada saat ini ENUM beroperasi di enum.groups.or.id / e164.groups.or.id yang dalam waktu dekat akan di migrasikan ke enum.voiprakyat.or.id. Teknologi ini merupakan teknologi Next Generation Network (NGN) yang merupakan teknologi generasi masa depan dari operator telekomunikasi.

Demikian gambaran umum VoIP Rakyat yang dikembangkan oleh rekan-rekan di ICT Center Kalimalang. Anda tidak hanya dapat berkomunikasi gratis antar nomor VoIP seperti dulu di VoIP Merdeka, tapi juga dapat di telepon gratis dari Telkom / selular dengan nomor resmi dari Amerika Serikat & Inggris maupun menelepon ke Telkom dengan biaya yang hanya Rp. 105/menit. Semua legal, semua bebas, semua.


Onno W. Purbo

No comments: